Anak Kecanduan Ponsel, Atasi dengan Cara Ini

iklan
Anak Kecanduan Ponsel, Atasi dengan Cara Ini


PONSEL kini seakan menjadi hal yang wajib dimiliki oleh setia orang. Pasalnya, komunikasi dengan dunia luar semakin diperlukan. Apalagi, maraknya ponsel pintar, artinya memiliki aplikasi yang menarik dan memudahkan bagi pengguna membuat orang tertarik untuk memiliki ponsel.

Ketertarikan terhadap ponsel juga dialami oleh anak-anak, terutama pada salah satu aplikasi permainan dan media sosial. Hal ini seringkali menimbulkan keresahan tersendiri. Mengapa? Sebab, jika anak sudah memegang ponsel dan menggunakannya, maka perhatiannya hanya akan tertuju pada apa yang dipegangnya dan melupakan lingkungan sekitarnya. Inilah yang menyebabkan banyak anak kecanduan terhadap ponsel. Lantas, bagaimana cara mengatasi anak yang kecanduan ponsel?
Dikutip dari Boldsky, inilah beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak yang kecanduan ponsel.
1. Berhenti Terus Menerus Menggunakan Ponsel
Orang tua pasti khawatir jika anak-anak atau remaja tidak bisa melakukan kegiatan penting —seperti belajar atau membaca— dengan benar karena terganggu oleh ponsel. Padahal, anak menjadi kecanduan ponsel karena sering melihat orangtua memainkan ponsel.
Jika ingin anak terbebas dari kecanduang ponsel maka terlebih dahulu orang tua harus membebaskan diri mereka dari ponsel. Gunakan ponsel dengan seimbang dan waspadai jika anak mulai merasa gelisah jika dijauhkan dari ponsel.
2. Menghabiskan Lebih Banyak Waktu dengan Anak
Anak-anak selalu belajar dari orangtua mereka. Jika orangtua tak pernah mengalihkan perhatian dari layar gadget, anak akan mengira bahwa terus menerus terpaku pada layar gadget adalah kebiasaan yang dapat diterima. Jika ingin anak terlepas dari kecanduan ponsel, cobalah untuk menyingkirkan ponsel ketika sedang makan bersama atau ketika sedang bersama anak-anak.
3. Mendorong Anak untuk Aktif di Berbagai Kegiatan
Dorong anak untuk mengembangkan hobi yang tidak membutuhkan telepon seluler, ponsel pintar, iPAd, atau gadget sejenis. Solusi terbaik untuk mengatasi anak yang kecanduan ponsel adalah dengan mengikutsertakan mereka ke dalam kegiatan positif seperti klub berenang, bulu tangkis, tenis, bela diri, golf, senam irama, atau menari. Pastikan juga untuk membawa serta anak-anak jika ada kegiatan masyarakat yang sedang dilangsungkan.
4. Membuat Batasan Waktu
Aplikasi permainan pada ponsel memiliki daya tarik tersendiri untuk anak. Jadi, biarkan anak memainkannya sesekali. Tetapi, anak harus diingatkan mengenai batasan waktu bermain game. Sebab tanpa pembatasan waktu dan pengaturan yang ketat, anak bisa menjadi pecandu ponsel.
Trik mudah untuk mencegah kecanduan itu adalah dengan memberikan batasan waktu bermain game dan memasang alarm sebelum anak memainkan game-game itu. Berikan peringatan secara berkala ketika waktu bermain hampir habis, misal sepuluh atau lima belas menit sebelum waktu habis. Jika waktu bermain game telah habis, beri anak sedikit jeda untuk menyimpan permainan.
5. Tidak Memberikan Ponsel Saat Anak Masih Terlalu Kecil
Cara terbaik untuk mengatasi kecanduan ponsel pada anak ialah dengan tidak memberikan mereka ponsel pribadi sebelum mencapai usia 16 tahun. Pada usia itu, anak lebih matang dan telah mengetahui sisi positif atau negatif dari ponsel. Pada usia itu anak telah memiliki bekal yang cukup dan lebih siap untuk menjelajahi keajaiban teknologi. []

Dipersembahkan oleh : TrendingTopic.info

Sebarkan info ini ke teman-teman Anda!!

Reply

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==