Isra’ Mi’raj Tanggal 27 Rajab? Ini Jawaban Enam Kitab Sirah Nabawiyah

isra miraj tanggal 27 Rajab

Isra’ mi’raj merupakan peristiwa spektakuler yang dialami oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Perjalanan super kilat yang tidak sampai satu malam berhasil menempuh Makkah ke Palestina lalu menuju Sidratul Muntaha dan kembali ke Makkah itu mengguncang jiwa orang-orang yang lemah iman. Hingga banyak orang yang murtad ketika Rasulullah menceritakannya.

Kapan terjadinya isra miraj? Di Indonesia, mayoritas ulama meyakini 27 Rajab sebagai tanggal terjadinya isra miraj. Tanggal ini pula yang kemudian ditetapkan pemerintah menjadi libur nasional.

Namun, ada yang mempertanyakan, benarkah peristiwa isra miraj terjadi pada tanggal 27 Rajab? Bagi yang bertanya dan membutuhkan referensi, ini referensinya dari kitab-kitab Sirah Nabawiyah.

Syaikh Shafiyyurrahman Al Mubarakfuri dalam Sirah Nabawiyah-nya, Ar Rahiqul Makhtum, menjelaskan enam pendapat kapan terjadinya Isra miraj.

1. Peristiwa Isra’ terjadi pada tahun ketika Rasulullah mendapatkan wahyu pertama. Ini merupakan pendapat Ath Thabari.

2. Isra miraj terjadi lima tahun setelah Rasulullah diutus menjadi Nabi. Pendapat ini dikuatkan oleh An Nawawi dan Al Qurthubi.

3. Isra miraj terjadi pada malam 27 Rajab tahun 10 kenabian. Pendapat ini dipilih oleh Allamah Al Manshurfuri.

4. Peristiwa ini terjadi 16 bulan sebelum hijrah, tepatnya pada bulan Ramadhan tahun 12 kenabian.

5. Peristiwa ini terjadi 1 tahun 2 bulan sebelum hijrah, tepatnya pada bulan Muharram tahun 13 kenabian.

6. Terjadi 1 tahun sebelum hijrah, tepatnya pada bulan Rabiul Awal tahun 13 kenabian.

Prof. Dr. Muhammad Sameh Said dalam buku Sirah Nabawiyah-nya, Al Yatiim shallallahu ‘alaihi wasallam, menjelaskan bahwa peristiwa isra miraj terjadi pada malam 27 Rajab, namun para ulama berbeda pendapat mengenai tahunnya.

Sedangkan Prof. Dr. Muhammad Ali Ash Shalabi dalam buku Sirah Nabawiyah-nya menegaskan bahwa isra miraj terjadi satu tahun sebelum hijrah ke Madinah.

Sementara Ibnu Katsir dalam buku Sirah Nabawiyah-nya, Al Fushul fi Shiratir Rasul, tidak menyebutkan tanggal terjadinya isra miraj. Demikian pula Syaikh Mahmud Mishri dalam Sirah Rasulullah dan Syaikh Ramadhan Al Buthi dalam Fiqhus Sirah. [Muchlisin BK/Tarbawia]

Pembahasan lebih lengkap dan detil mulai dari kronologis hingga hikmah, bisa dibaca di artikel Isra Miraj

Dipersembahkan oleh : TrendingTopic.info

Sebarkan info ini ke teman-teman Anda!!

Reply

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==