Lawan Hoaks, UKMBKI UWKS Gelar Forum Media Inspiratif

Forum Media Inspiratif UKMBKI UWKS
Forum Media Inspiratif UKMBKI UWKS

Unit Kegiatan Mahasiswa Bidang Kerohanian Islam (UKMBKI) Universitas Wijaya Kusuma Surabaya menggelar Forum Media Inspiratif, Kamis (22/3/2018) siang di ruang Penataran UWKS.

Forum Media Inspiratif merupakan salah satu program kerja Bidang Humas UKMBKI UWKS. Mengambil tajuk “Buka Mata, Buka Hati untuk Media Islam”, Lembaga Dakwah Kampus yang kini diketuai oleh Dwi Bagus utomo mengajak civitas akademika se-Surabaya untuk mengenal media Islam dan mencegah hoaks.

Dalam paparannya, Muchlisin BK memulai dari istilah berita dalam Al Qur’an. Mulai dari an naba’, al khabar, hingga al hadiits. Jumlahnya mencapai 41 ayat dalam Al Qur’an. Ada juga istilah al ‘ifk dalam Al Qur’an yang mengacu pada berita bohong atau hoaks di zaman sekarang.

Setelah itu, ia menerangkan dua ayat tentang jurnalisme Islam. Bagaimana mengambil sumber berita dan menjauhi hoaks dalam Surat An Nisa’ ayat 83 dan Al Hujurat ayat 6. Dua ayat ini dikupas dengan penjelasan dari empat mufassirin yakni Ibnu Katsir, Sayyid Qutb dengan Fi Zilalil Qur’an, Syaikh Wahbah Az Zuhaili dengan Tafsir Al Munir dan Buya Hamka dengan Tafsir Al Azhar.

“Ketika menafsirkan surat An Nisa’ ayat 83, Ibnu Katsir menjelaskan bahwa ayat ini merupakan pengingkaran terhadap orang yang tergesa-gesa dalam menanggapi berbagai urusan sebelum meneliti kebenarannya, lalu ia memberitakan dan menyiarkannya padahal belum tentu hal itu benar,” terangnya.

Selesai membahas pondasi jurnalisme dalam Al Qur’an, barulah materi masuk pada teori modern tentang media Islam dan jurnalisme Islam. Dilanjutkan dengan peran media Islam hingga kondisi media Islam di Indonesia yang masih kalah jauh rating dan traffic-nya dibandingkan media umum.

Usai materi, diskusi cukup dinamis dengan sejumlah pertanyaan dari peserta yang bukan hanya berasal dari UWKS, namun ada juga peserta dari kampus lain seperti Unesa dan Untag Surabaya. Sebelum acara berakhir, peserta dihibur dengan performance Nasyid UKMBKI UWKS.

Dipersembahkan oleh : TrendingTopic.info

Sebarkan info ini ke teman-teman Anda!!

Reply

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==