Mengapa Orang Baik Banyak yang Menderita? Ini Penjelasannya

Tuit… tuit… tuit… seketika aja gadget canggihku berbunyi di tengah saya lagi sibuk – sibuknya. yang lebih menyebalkan, panggilan itu tiba dari wujud yang tidak kukenal, namanya tidak tersimpan di catatan phonebook. tetapi saya malah penasaran dan juga membalasanya.

tuhan: kalian memanggilku ?

saya: memanggilmu? tidak.. ini siapa ya?

tuhan: ini tuhan. saya mendengar doamu. jadi saya mau berbincang – bincang denganmu.

saya: ya, aku benar kerap berdoa, cuma supaya aku terasa lebih baik. tetapi saat ini aku lagi padat jadwal, amat padat jadwal.

tuhan: lagi padat jadwal apa? semut pula padat jadwal.

saya: tidak harus ketahui ya. yang tentu aku tidak memiliki waktu luang sedikit juga. hidup jadi serupa diburu – buru. tiap waktu telah jadi waktu padat jadwal.

tuhan: benar sekali. kegiatan memberimu banyak aktivitas. tetapi produktivitas memberimu hasil. kegiatan memakan waktu, produktivitas melepaskan waktu.

saya: aku paham itu. tetapi aku senantiasa tidak mampu menghindarinya. sesungguhnya, aku tidak mengharapkan tuhan mengajakku chattingan serupa ini.

tuhan: saya mau membongkar masalahmu dengan waktu, dengan memberimu sebagian petunjuk. di masa internet ini, saya mau memakai medium yang lebih aman untukmu daripada mimpi, semisal.

saya: okay, saat ini beritahu aku, kenapa hidup jadi begitu rumit?

tuhan: berhentilah menganalisis hidup. jalani aja. analisislah yang buatnya jadi rumit.

saya: bahwa begitu kenapa kami manusia tidak sempat terasa bahagia?

tuhan: hari ini merupakan hari besok yang kalian khawatirkan kemarin. kalian terasa takut karna kalian menganalisis. terasa takut jadi kebiasaanmu. karna seperti itu kalian tidak sempat terasa bahagia.

saya: tetapi gimana bisa jadi kita tidak takut bila terdapat begitu banyak ketidakpastian.

tuhan: ketidakpastian itu tidak dapat dihindari. tetapi kekhawatiran merupakan suatu opsi.

saya: tetapi, begitu banyak kerasa sakit karna ketidakpastian.

tuhan: kerasa sakit tidak dapat dihindari, namun penderitaan merupakan suatu opsi.

saya: bila penderitaan itu opsi, kenapa orang baik senantiasa mengidap?

tuhan: intan tidak mampu diasah tanpa gesekan. emas tidak mampu dimurnikan tanpa api. orang baik melewati rintangan tanpa mengidap. dengan pengalaman itu, hidup mereka jadi lebih baik bukan kebalikannya.

saya: artinya pengalaman getir itu bermanfaat?

tuhan: ya. dari seluruh sisi, pengalaman merupakan guru yang keras. guru pengalaman berikan tes dahulu, baru pemahamannya.

saya: namun, kenapa kami wajib lewat seluruh tes itu? kenapa kami tidak mampu hidup leluasa dari permasalahan?

tuhan: permasalahan merupakan rintangan yang diperuntukan buat tingkatkan kekokohan mental (purposeful roadblocks offering beneficial lessons to enhance mental strength). kekokohan dari dalam diri dapat keluar dari perjuangan dan juga rintangan, bukan dari berleha – leha.

saya: sejujurnya di tengah seluruh perkara ini, kami tidak ketahui ke mana wajib melangkah…

tuhan : bila kalian memandang ke luar, hingga kalian tidak hendak ketahui ke mana kalian melangkah. lihatlah ke dalam. memandang ke luar, kalian bermimpi. memandang ke dalam, kalian terpelihara. mata memberimu penglihatan. hati memberimu arah.

saya: kadang – kadang ketidakberhasilan membuatku mengidap. apa yang mampu aku jalani?

tuhan: keberhasilan merupakan dimensi yang terbuat oleh teman . kepuasan merupakan dimensi yang terbuat olehmu seorang diri. mengenali tujuan ekspedisi hendak merasa lebih memuaskan daripada mengenali kalau kau lagi berjalan. bekerjalah dengan kompas, perkenankan teman berkejaran dengan waktu.

saya: di dalam saat – saat susah, gimana aku dapat senantiasa termotivasi?

tuhan: selalulah memandang sudah berapa jauh telah berjalan, daripada masih berapa jauh wajib berjalan. senantiasa hitung yang wajib kau syukuri, jangan hitung apa yang tidak kau peroleh.

saya: apa yang menarik dari manusia?

tuhan: bila mengidap, mereka bertanya “mengapa wajib saya? ”. bila mereka senang, tidak terdapat yang sempat bertanya “mengapa wajib saya? ”.

saya: kadang aku bertanya, siapa aku, kenapa aku di mari?

tuhan: jangan mencari siapa kalian, tetapi tentukanlah mau jadi apa kalian. berhentilah mencari kenapa aku di mari. mengadakan tujuan itu. hidup tidaklah proses pencarian, tetapi suatu proses penciptaan.

saya: gimana aku dapat menemukan yang tersadu dalam hidup ini?

tuhan: hadapilah masa lalumu tanpa penyesalan. peganglah dikala ini dengan kepercayaan. siapkan masa depan tanpa kerasa cemas.

saya: persoalan terakhir. kerap kali aku terasa doa – doaku tidak dijawab.

tuhan: tidak terdapat doa yang tidak dijawab. kerap kali jawabannya merupakan tidak.

saya: terima kasih tuhan atas chattingan yang indah ini.

tuhan: oke. teguhlah dalam iman, dan juga buanglah kerasa cemas. hidup merupakan teka – teki buat dipecahkan, bukan permasalahan buat dituntaskan. percayalah pada – ku. hidup itu indah bila kalian ketahui trik buat hidup.

( sumber: intisari. grid. id )

Dipersembahkan oleh : TrendingTopic.info

Sebarkan info ini ke teman-teman Anda!!

Reply

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==