Sering lupa dengan mimpi indah semalam? Terapkan 5 cara ini agar kamu bisa mengingat mimpi lebih detail

Enak-enak mimpi balikan sama mantan, eh ada yang ngerusak. Entah bunyi alarm atau kena omelan mama soalnya udah siang. Karena terbangun akhirnya mimpi indah tadi mendadak lupa. Mimpi apaan ya sama mantan?

Hayo, kamu sering gitu nggak?

Faktanya mimpi itu emang susah diingat, terkecuali orang-orang yang punya daya ingat super kuat. Hal ini dikarenakan otak kita memang menon-aktifkan proses yang menghasilkan ingatan jangka panjang atau long term memory saat tidur.

Penyebab lain bisa jadi karena rendahnya kadar norepinephrine atau neurotransmitter untuk mengingat, serta minimnya aktivitas di prefrontal cortex. Apaan dah?

 

BACA JUGA: 6 Hal yang dilakukan cewek ketika mimpi cowoknya selingkuh

 

Yah dari pada nggak ngerti sama bahasanya. Mending Kawan Muda cari tau deh gimana caranya men-setting tubuh kita biar bisa mengingat mimpi. Kan sayang kalau pas mimpi indah tapi lupa gitu aja. Yok !

#1. Tidur lebih rileks

bangun tidur
Foto : haiineola.com

Kamu harus tau bedanya tidur rileks sama tidur karena kecapekaan ngerjain tugas. Ketika kamu tidur pada jam rutin dan memang merencanakan untuk pergi tidur itu artinya kamu tidur rileks. Nah, agar kamu tetap mengingat mimpi usahakan tidur rileks ini terencana secara rutin. Sebelum tidur, ingatkan diri kamu juga agar mengingat mimpi saat terbangun nanti.

Tidur rileks ini dapat membantu tubuh mengalami fase deepest-sleep yang nantinya membuat otak kita lebih kuat untuk mengingat memori waktu tidur.

#2. Gunakan alarm sedekat mungkin

via: rumahraza.com

Bukannya menggunakan alarm malah bisa menghilangkan mimpi dengan mudah?

Betul banget tapi itu berlaku kalau kamu meletakkan alarm terlalu JAUH dari jangkauan, sehingga kamu harus beranjak dari tempat tidur untuk mematikannya.

 

BACA JUGA: Bagi kalian yang merasa dilupakan, hidup dengan mimpi tergapai adalah balas dendam paling mujarab

 

Penggunaan alarm dalam kasus ini, justru dapat memperkuat daya ingat, dengan cara meletakkan alarm DEKAT dengan jangkauan. Memori mimpi itu bisa hilang dalam waktu sekejab bahkan sedetik, sekecil apapun distraksi seperti alarm yang bisa membuatmu beranjak dari kasur dapat menghilangkan mimpi karena terlalu lama. Tapi kamu akan cepat mengingat mimpi jika alarm berada didekatmu tanpa harus beranjak dari tempat tidur untuk mematikannya.

#3. Hindari minuman mengandung kafein sebelum tidur

kopi
Foto : efekgila.com

Apa yang kamu makan dapat mempengaruhi tubuhmu bahkan kemampuan kita dalam mengingat mimpi. Salah satunya adalah mengkonsumsi kafein seperti kopi dapat meminimalisir peluang otak untuk memasuki fase REM (Rapid Eye Movement) atau fase tidur paling nyenyak. Fase REM ini merupakan fase kita paling bisa mengingat mimpi. Nah, kalau kebanyakan minum kopi kamu jadi makin sulit mengingat mimpi.

#4. Pikirkan mimpimu begitu bangun tidur

bangun pagi
Foto : www.huffingtonpost.com

Kenapa sih kita bisa lupa dengan mimpi? Salah satunya karena ada gangguan atau distraksi sebagai pengalih perhatian. Misalnya bangun tidur langsung lihat jam dan ingat kalau udah telat sekolah. Nah, itu bisa berdampak pada menguapnya ingatan mimpi. Jadi, cara termudah biar nggak lupa sama mimpi yaitu dengan langsung memikirkannya ketika bangun.

 

BACA JUGA: Ketika orang-orang meremehkanmu, meragukan mimpimu, lakukan 7 hal ini aja

 

Simpelnya, mengingat mimpi secara langsung itu seolah kita mentranfer memori dari alam bawah sadar ketika ingatan mimpi itu masih anget-angetnya. Dengan cara itu kita bisa loh mengingat mimpi sepanjang hari bahkan sampai besok-besoknya.

#5. Membuat catatan mimpi

mencatat
Foto : www.danielnugroho.com

Kalau kamu tipe orang pelupa dan kelupaanmu itu nggak bisa banget ditoleransi, ada baiknya gunakan catatan mimpi. Ya, meskipun cuma orang-orang nganggur aja yang bikin kayak gini, tapi cukup worth it untuk mengatasi rasa penasaranmu sama mimpi yang sering lupa.

Caranya mudah, begitu bangun langsung tulis apapun dan sedetail mungkin adegan mimpimu, misalnya kamu lagi apa, ada siapa aja di sana, setting tempatnya kayak apa dan yang paling penting perasaan yang kamu rasain saat itu.

Jika ini dilakukan secara konsisten, mengingat mimpi bisa mengurangi kadar cortisol atau hormone stress dan bikin kamu tambah kreatif. Inspirasi kan biasanya datang dari mimpi. Kalau udah banyak catatan bisa dibikin cerita yang asik dan keren tuh!



Dipersembahkan oleh : TrendingTopic.info

Sebarkan info ini ke teman-teman Anda!!

Reply

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==