Tahu Gak! Ternyata Utang Indonesia Itu Lebih Sedikit Jika Dibandingkan Dengan Malaysia

TrendingTopic – Dari sekian banyaknya negara di dunia ini, yang paling dapat dianggap sebagai Indonesia Malaysia saingan saja. Bukan hanya karena faktor geografis, tetapi juga tentang budaya. Seperti yang diketahui, ada beberapa budaya maupun pulau di Indonesia yang diklaim oleh Negeri Jiran tersebut.

Dengan itu pula persaingan diantara keduanya semakin sengit. Bahkan kian hari saling berlomba-lomba untuk menunjukkan siapa yang terbaik.

Jika dibandingkan dengan Malaysia, Tanah Air kita memang bisa dibilang tertinggal jauh. Terutama soal ekonomi. Meski Malaysia terbilang masih muda jika dibandingkan Indonesia, namun ekonominya sudah mengalami peningkatan yang sangat pesat.

Hal ini bisa kita lihat dari pembangunan dan kemapanan masyarakatnya yang sudah terlihat sangat baik. Infrastruktur di negara tersebut sangat memadai sebagai negara maju.

Namun siapa menyangka jika di balik peningkatan pesat dan kesejahteraannya tersimpan utang yang lebih besar jika dibandingkan negara kita.

Ya, mengutip dari laman merdeka.com, Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementrian Keuangan, Suahazil Nazara mengungkapkan bahwa dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, rasio utang Malaysia berada di antara 41,22 persen sampai 54,7 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

“Nah, kalau kita lihat negara di sekitar kita Malaysia dan Thailand itu 50 persen sampai 40 persen. Kalau Jepang malah 200 persen dari PDBnya dan Amerika sekitar 100 persen,” ujarnya di Gedung DPR RI, Jakarta.

Sementara Indonesia, rasio utang terhadap PDB dalam 10 tahun terakhir cenderung fluktuatif. Lonjakan tertinggi hanya terjadi pada tahun 2007 yang mencapai 32,33 persen. Namun pada tahun-tahun berikutnya menurun hingga menjadi 22,96 persen, hingga akhirnya kembali naik lagi di kisaran 28 persen.

“Saat ini kalau total utang kita terhadap PDB kita sekitar 28 persen,” tutur Suahazil.

Menurutnya, utang rasio yang dimiliki Indonesia masih dalam batas aman dan sesuai Undang-Undang yang berlaku.

“Nah sekarang bagaimana lihat angka itu aman atau tidak? ketinggian atau kerendahan atau bagaimana? Ada beberapa cara melihatnya pertama dibandingkan dengan ketentuan UU kita mengatakan total utang kita dalam PDB maksimum 60 persen. Nah sekarang kalau 28 persen masih cukup jauh ya,” katanya.

5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan. Ngeri Banget Dah!

Dipersembahkan oleh : TrendingTopic.info

Sebarkan info ini ke teman-teman Anda!!

Reply

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==